Senin, 06 September 2021

Writing Is My Passion

 


WRITING IS MY PASSION

Oleh: Mangatur Panjaitan

 

AWAL MULAI SUKA MENULIS

Pada usia 9 tahun, saya gemar membaca buku. Buku-buku yang saya baca mulai dari buku bergambar, buku komik, dan buku cerita rakyat (dongeng). Sesekali saya juga membaca koran pagi yang ada di warung-warung di kota tempat saya tinggal, yang pemilik warung nya berlangganan salah satu koran pagi. Kegemaran saya membaca terus dan semakin meningkat sampai saat ini. Pada tahun 2005, saat akan menyelesaikan pendidikan strata satu saya di Universitas Negeri Medan, saya membuat laporan akhir  belajar atau menulis  proposal skripsi. Karena saya sering menulis/ memperbaiki kata demi kata, kalimat demi kalimat, dan paragraf demi paragraf membuat  saya  terbiasa  dan menjadi gemar menulis, denga kata lain kegemaran saya muncul, saat saya menulis/ menyusun laporan skripsi saya. Setelah menyelesaikan pendidikan strata satu saya pada tahun 2006, saya menjadi tenaga pengajar (guru), dimana pada tahun tersebut setiap guru diwajibkan menuliskan rencana pembelajaran sebagai persyaratan administrasi  saat akan mengajar. Oleh karena sudah menjadi kewajiban  setiap guru untuk  menuliskan rencana pembelajaran, Sehingga kegemaran menulis saya semakain meningkat. Ditahun-tahun berikutnya  saya  mulai menulis  dibeberapa surat kabar  lokal  tempat saya tinggal saat ini. Seiring dengan waktu, hingga saat ini saya terus membaca dan menulis.

AWAL MULA TAHU DAN MEMUTUSKAN IKUT BELAJAR MENULIS OMJAY

Saya mengetahui adanya pelatihan belajar menulis bersama omjay dari postingan omjay sendiri di medsos facebook miliknya, dimana akun facebook omjay  telah terlebih dahulu  berteman  dengan akun facebook saya. Sesaat setelah saya melihat postingan yang dibagikan omjay pada halamaan facebook nya, tanpa fikir panjang saya langsung memutuskan untuk mengikuti pelatihan menulis tersebut, dimana bila hendak mengikutinya harus terlebih dahulu mendaftarkan diri dan bergabung dengan group what’s App (WA) yang telah disediakan panitia sebagai sarana komunikasi dan pembelajaran. Setelah mendaftar dan bergabung  dalam group WA akhirnya secara resmi saya ikut pelatihan belajar menulis PGRI bersama omjay  pada gelombang 20, dimana gelombang 1 hingga 19 baru saja selesai.  

KESAN PERTAMA TENTANG BLOG DAN MANFAAT MENGGUNAKAN BLOG

Setiap sesi akhir pelatihan dilaksanakan, para peserta mendapat tugas dari panitia untuk membuat resum dari materi kegiatan yang telah selesai disampaikan oleh narasumber pada pelatihan tersebut. Resum tersebut ditulis dalam blog dengan menggunakan bahasa masing-masing atau tidak copy paste dari narasumber. Resum tersebut dishare/ dibagikan kedalam group WA belajar menulis  agar dapat saling memberi komentar yang membangun.

BEBERAPA MANFAAT MENULIS DI BLOG

Manfaat menulis di blog yang saya alami sendiri yakni: semakin percaya diri menulis di blog, semakin bersemangat menulis di blog, menulis di blog memiliki jejak digital karena adanya link tulisan yang kita tulis, kecanduan menulis, dan dapat pertemanan sesama penulis se nusantara.

HAL YANG PALING MENARIK DAN PALING DIINGAT DARI MATERI NARASUMBER BU KANJENG

Sosok/ jejak Bu Kanjeng baik untuk dicontoh karena ia banyak menginspirasi dan memotivasi para penulis pemula, termasuk saya. Ia juga banyak membimbing para penulis pemula untuk menjadi moderator, menjadi kurator, menjadi editor dan menerbitkan buku.

YANG PALING SAYA INGAT DARI MATERI BU KANJENG

Ia mengatakan untuk menjadi penulis yang baik haruslah banyak membaca buku, mendiskusikan buku yang kita baca, mengamati dan merasakan yang terjadi disekitar lingkungan kita, dan memperluas pergaulan dengan orang lain dengan tujuan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman  dari luar diri sendiri. Adapun persiapan yang dilakukan untuk menulis yakni menggali dan menemukan ide/ gagasan, menentukan tujuan, jenis dan segmen pembaca, menentukan topik, membuat out line, dan mengumpulkan bahan materi. Dalam hal menuli, ia berpesan bahwa kita harus memiliki target, kita harus disiplin, memiliki fasilitas penunjang, memiliki suasana hati yang baik/ bersemangat, dan keadaan kita pada kondisi yang nyaman. Pesan nya kepada para penulis pemula ayo jadikan menulis sebagai passion. Selain itu ia juga berpesan “penulis pemula harus fokus pada ketekunan dalam proses menulis. Menulis itu harus sabar. Tulislah semampu kita terlebih dahulu, jangan berfikir harus sempurna dan jangan terlalu idealis.”   


Profil Penulis

Mangatur Panjaitan, tinggal di Perumahan Cipta Piayu Village Blok G nomor 7 Tanjungpiayu Kota Batam. Saat ini bertugas di SMAN 16 Batam. Beberapa buku yang ditulis dan terbit ‘Bahaya narkoba’, ‘Asa di pelupuk mata‘, ’Jelajah literasi demi prestasi’, 100 gurusianer ‘Satu derap seribu giat’, antologi puisi ‘untukmu papa mama’ antologi puisi buatmu bapak ibu guru dan ‘Pembelajaran daring diperbatasan’. Selain mengajar ia aktif sebagai fasilitator literasi, mendirikan dan sekaligus mengelola Taman Bacaan Masyarakat SEHATI. Tahun 2012-2015 menjabat sekretaris MGMP PJOK Bintan dan saat ini aktif di MGMP PJOK Batam sebagai bendahara. Ia bisa dihubungi di atoerpanjaitan08@gmail.com atau WA 081362239540

 

8 komentar: