Senin, 02 Agustus 2021

Memasarkan buku

 




Judul            : Memasarkan buku
Resum ke     : 10
Hari/tgl        : Senin/ 2 Agustus 2021
Gelombang  : 20
Tema            : Pemasaran buku
Narasumber : Agus Subardana, S.E, M.M
Moderator    : Aam Nurhasanah

Salam sehat dan salam bahagia buat kita semua.
Malam ini adalah pertemuan ke 10 pada gelombang 20 dimana pertemuan malam ini akan dipimpin oleh ibu Aam sebagai moderator dan bapak Agus Subardana sebagai narasumber. Profil singkat narasumber, beliau bekerja di penerbit ANDI Yogyakarta dari awal tahun 1999 sampai dengan sekarang di bidang pemasaran. lulus S1 DAN S2 di jurusan  Manajemen Pemasaran. beliau sering menjadi moderator berbagai event  webinar. setelah profil singkat telah tersampaikan dengan tidak berlama-lama beliau langsung masuk pada materi. materi yang disampaikannya mengenai pemasaran buku saat pandemi covid-19. Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. 
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku. saat ini penerbitan buku di beberapa penerbit mengalami kemunduran oleh karena pandemi melanda negeri kita. untuk eksis terus maka penerbit harus membuat pemasaran yang jitu. pada saat ini kita harus masuk pada menset digital atau secara online agar pemasaran buku kita tidak tertinggal oleh pandemi. Strategi dalam mempertahankan penjualan buku agar tetap eksis walaupun saat ini masih pandemi covid-19 yakni tetaplah terhubung dengan pelanggan toko buku di media sosial, pastikan buku yang kita jual ada di media online, pasarkan buku kita di komunitas yang kita miliki. berikan penawaran promo khusus atau diskon, dan menjadi brand yang tanggap situasi  dengan menumbuhkan empati dalam buku-buku yang kita jual. Ada dua strategi pemasaran yang dilaksanakan di penerbit ANDI yang ia kelola, yakni strategi pemasaran  buku serangan udara dan strategi pemasaran serangan darat, dengan berlandasakan pada faktor mikro dan faktor makro. Strategi pemasaran buku serangan darat dikelompokkan berdasarkan target  yang dituju. demikian ungkapnya. Untuk saat ini, demikian pemaparan materi dari beliau dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. seperti biasa tanya jawab diarahkan oleh moderator. selesai sesi tanya jawab maka berakhirlah pertemuan malam ini. seperti biasa para pesrta membuat resum tentang pertemuan malam ini dan di kirim pada link yang tersedia. Terimakasih. Salam literasi. 


4 komentar:

  1. Semangat baja Pak👍. Menurut saya, baiknya dibagi menjadi beberapa paragraf.🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik bu, trimakasih saran nya. berikutnya akan saya bagi menjadi beberapa paragraf. maklum menulisnya borongan . sukses buat ibu ya dwi ya

      Hapus
  2. Hasil menulis dalam kondisi pemulihan. Memang penulis hebat semangatnya tak terkalahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, tetap masih lebih hebat ms Phia, tercepat dan berkualitas tulisannya

      Hapus